Jumat, 15 September 2017

Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Tubuh - Manfaat seledri telah menjadi teman ibu rumah tangga. Daun seledri sering digunakan sebagai bumbu penyedap di dapur berkuah, karena aroma khasnya, bisa menghilangkan aroma masakan panas. Seledri juga sering dijadikan hiasan untuk memperindah penampilan dapur saat disajikan.
Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Tubuh

Tapi daun seledri biasanya tidak terlalu penting dalam penggunaannya, tidak seperti manfaat daun salam atau manfaat daun yucca favorit untuk ditanam. Meski seledri itu sendiri sangat dikonasumsi karena manfaatnya melimpah, seperti berikut (nutrisi- dan-you.com, informasi gizi seledri, dikonsultasikan pada tanggal 29 November 2014):

Seledri adalah tanaman herbal berkalori sangat rendah. Daun seledri hanya mengandung 16 kalori per 100 g dan mengandung serat yang tidak larut, dimana bila dikombinasikan bisa menurunkan kadar kolesterol dan kolesterol dalam darah.

Sumber kaya antioksidan flavonoid seperti xanthine zea, lutein dan beta-carotene, yang berfungsi sebagai pelindung tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah kanker.
Seledri adalah sumber vitamin A. Vitamin A dan beta karoten yang baik adalah antioksidan flavonoid alami yang dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir dan kulit sehat, dan mata.
Seledri mengandung asam folat, riboflavin, niasin dan vitamin C, yang penting untuk metabolisme optimum.

Daun dan biji mengandung banyak minyak esensial penting termasuk terpen, limonene dan humulene. Namun, aroma seledri yang khas adalah karena senyawa kimia yang dikenal sebagai phthalides (butylphthalid dan turunannya berasal dihydro) di dalamnya.

Minyak esensial yang diperoleh dari ekstraksi tanaman seledri telah digunakan sebagai obat untuk menenangkan kondisi saraf dan osteoartritis. Selain itu bagian biji, dan akar memiliki sifat diuretik (menghilangkan kelebihan air dari tubuh melalui air seni), galactogogo (sekresi bantuan ASI), stimulan dan sifat tonik.
Manfaat seledri dalam kandungan Gizinya

Seledri adalah sayuran rendah kalori yang penuh nutrisi. 1 cangkir jus seledri segar, yang diproduksi dari 4 cangkir seledri mentah cincang memiliki 65 kalori, kurang dari 0,7 gram lemak dan hampir 2,8 gram protein.

Hal ini membuat jus seledri menjadi pilihan sayuran yang baik. Kira-kira 3,5-5 cangkir seledri per minggu, yang merupakan jumlah yang disarankan untuk pria dan wanita ((livestrong.com, Manfaat Juice Seledri Mentah, diakses 29 November 2014)), ((medicalnewstoday.com, apa kesehatannya manfaat seledri ?, akses pada tanggal 29 November 2014)).

Kalium

Kalium adalah zat elektrolit dan mineral penting untuk membantu tubuh, mengatur keseimbangan asam basa dan menjaga aktivitas jantung tetap sehat. Kalium juga membantu memecah karbohidrat, dan sangat penting untuk membangun otot dan protein.

Satu porsi jus seledri mentah mengandung 1050 gram potasium, yang merupakan lebih dari 22 persen asupan kalium yang direkomendasikan untuk pria dan wanita. Kalium juga banyak ditemukan pada manfaat pisang dan manfaat mangga.

8. Kalsium

Mineral kalsium penting untuk konstruksi dan pemeliharaan kesehatan gigi dan penting untuk menjaga struktur kerangka yang kuat, seperti manfaat susu. Kalsium juga membantu untuk mengirimkan informasi melalui sistem saraf dan membantu dalam pelebaran dan penyempitan pembuluh darah.

Asupan makanan yang direkomendasikan (RDA) untuk pria berusia 70 adalah 1.000 miligram kalsium per hari. Setelah usia 70 tahun, pria harus menerima 1.200 miligram. Untuk wanita, 1.000 miligram setiap hari sampai usia 50 dan 1.200 miligram setelah usia 50 tahun. Sajian jus seledri mengandung 162 miligram kalsium, yang memiliki RDA lebih dari 16% untuk orang dewasa dan 13,5% RDA untuk wanita.

9. Vitamin K

Vitamin K mendukung pembekuan darah, jadi penting untuk penyembuhan luka dan memar. Kurangnya jumlah vitamin K dalam tubuh akan menyebabkan pendarahan dan kesulitan pulih dari luka, bahkan memar sedikit.

Vitamin K juga membantu tubuh menggunakan kalsium, jadi penting menjaga tulang dan gigi tetap sehat. 1 porsi jus seledri mentah mengandung sekitar 118 mikrogram vitamin K, yang lebih dari 100% asupannya cukup untuk pria dan wanita

10. Folat

Folat adalah salah satu vitamin B yang membantu tubuh rusak, menghasilkan dan menggunakan protein. Kekurangan folat dalam tubuh dapat menyebabkan sariawan, rambut abu-abu, diare dan anemia. Satu porsi jus seledri mentah mengandung 145 mikrogram folat, yang merupakan lebih dari 36% asupan pria dan wanita, dan 29% asupan wanita.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa makanan memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat khasiat untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu sunat pekanbaru serta kunjungi selalu situs khasiat sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar