Selasa, 05 September 2017

kebiasaan orang sukses setiap hari

kebiasaan orang sukses setiap hari - Kesuksesan adalah suatu hal yang kontroversial dan menyenangkan untuk dibicarakan. Bukan hanya karena pendapatan yang besar saja, tetapi juga fakta bahwa orang-orang sukses dapat mewujudkan gaya hidup yang diimpikan serta mempunyai waktu lebih untuk dihabiskan bersama keluarga, hobi, dan mimpi. Menjadi orang sukses tidak tejadi secara tiba-tiba atau tanpa disengaja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prosesnya. Yang dilakukan dan tidak dilakukan dalam kegiatan sehari-haripun mempunyai peranan penting dalam meraih kesuksesan.
kebiasaan orang sukses setiap hari
kebiasaan orang sukses setiap hari

Orang-orang sukses juga merupakan manusia biasa seperti manusia yang lain. Yang membedakan adalah mereka melakukan hal-hal yang berbeda dari orang-orang pada umumnya untuk meraih kesuksesan. Sebagian besar dari orang-orang sukses memiliki kebiasaan yang sama yang bisa di contoh. Berikut diantaranya.

Mungkin Anda pernah melihat betapa sempurnanya kehidupan seseorang. Punya banyak waktu luang, makmur, keluarga, bisnis yang maju, dan semua hal yang merupakan tolak ukur sebuah kesuksesan besar.

Tapi melihat saja tidak akan membuat Anda mendapatkan apa yang mereka raih. Karena semua itu adalah hasil dari jerih payah selama bertahun-tahun. Tidak ada yang tahu betapa banyak rasa frustasi dan kegagalan yang menghalangi mereka, dan bagaimana mereka melalui semua hambatan dan berdiri di puncak kesuksesan saat ini.

Tapi kita tahu satu hal, kita bisa meniru kebiasaan-kebiasaan orang sukses tersebut. Bagaimana pun juga, kebiasaan yang bagus merupakan langkah awal untuk mencapai kesuksesan yang kita impikan. Sementara itu, kebiasaan buruk akan membuat kita mengulangi kegagalan lebih lama dibanding dengan mereka yang mulai belajar mengembangkan diri membangun kebiasaan baik.


Kebiasaan baik yang dilakukan berulang-ulang akan menghasilkan. Setidaknya itulah yang saya yakini hingga saat ini. Dan itu membuat saya ingin meniru kebiasaan-kebiasaan orang sukses, apa rutinitas mereka, dan bagaimana mereka menghabiskan 24 jam sehingga saya pun menjadi lebih sukses lagi di masa depan.

Penasaran kebiasaan apa saja yang saya maksudkan? Berikut adalah kebiasaan yang ingin saya tiru dari orang-orang sukses setiap hari :

Membaca Banyak Buku

Kutu buku pecundang dan tidak punya teman? Sepertinya Anda harus merubah pemikiran konyol semacam itu. Lihat kenyataan bahwa hampir semua orang sukses pasti memiliki kebiasaan membaca yang baik.

Mark Cuban bersikeras untuk membaca 3 jam sehari, Bill Gates membaca 1 jam sebelum tidur, J.K Rowling, penulis milyarder pertama, membaca “Benar-Benar segalanya” ketika kecil. Presiden Obama, Sheril Shanberg, dan Albert Einstein juga pecinta buku.

Membaca adalah cara terbaik mendapatkan pengalaman. Baik itu kegagalan maupun kesuksesan. Ini seperti memiliki peta yang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan. Dan tentu saja, Anda akan sampai pada kesuksesan suatu saat nanti jika menggunakan peta dengan benar.

Untunglah saya sudah terbiasa membaca sejak saya masih kecil. Dan membaca telah menjadi bagian hidup saya. Saya berhasil menyelesaikan sebuah buku setidaknya dalam waktu 10 hari dan membaca puluhan artikel setiap harinya. Saya bahkan meyakini, jika saya menginvestasikan waktu yang saya miliki untuk membaca, saya akan mendapatkan keuntungan berlipat-lipat di masa depan.

Seandainya Anda belum memilikinya, maka Anda bisa mengakses panduan membangun kebiasaan membaca buku.

Merencanakan Hari Esok di Malam Hari

Modal semua orang untuk sukses sama, yakni waktu 24 jam. Siapa yang paling bijaksana dalam menggunakan waktu, maka ia akan menjadi barisan pertama yang akan meneguk manisnya kesuksesan.

Orang-Orang sukses biasanya merencanakan semua kegiatan di hari esok di malam hari. Tujuannya hanya satu, agar semua lebih terstruktur, efektif, dan efisien sehingga akan mencapai hasil maksimal setiap harinya. Mereka punya to do list dan tidak akan ada waktu yang sia-sia.

Di bagian ini saya kadang merasa sedih. Saya tidak punya to do list. Kehidupan saya sangat teratur dan saya merasa sudah cukup hafal untuk menjalankan semua pekerjaan dengan baik.

Meskipun begitu, saya menyadari bahwa masih begitu banyak waktu yang terbuang percuma. Oleh karena itu, saya mencoba berbagai kegiatan positif untuk memadatkan jadwal kehidupan saya.

Diharapkan saya akan benar-benar sibuk di usia produktif ini. Dan tentu saja, hasilnya akan baru terlihat ketika saya disiplin dan menjalankan semua rencana dengan sempurna. Setidaknya saya sudah mencobanya.

Mengorganisir Semua Pelajaran untuk Diaplikasikan

Di zaman serba canggih seperti saat ini, Anda bisa membaca banyak panduan untuk melakukan sesuatu sehingga menjadi pribadi yang lebih baik. Mungkin Anda mengkonsumi buku terhebat dan konten-konten para profesional. Tapi tidak ada gunanya jika Anda melupakan dan menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak penting.

Tapi tidak dengan Ryan Holiday, penulis The Obstacle is the way, dan Robert Green, penulis The 48 Laws of Power, keduanya memiliki metode hebat untuk mengelola dan menyimpan informasi.

Di bagian ini saya cukup bagus. Misalnya ketika mendapatkan berbagai informasi mengenai hal apapun yang menarik dari blog-blog otoritas, setidaknya saya akan menulis konten serupa berdasarkan konten-konten tersebut dan menjadikannya sebagai rujukan.

Saya melakukan hal ini untuk mengoleksi informasi dan mengarsipkan semua informasi di blog ini.

Saya juga tidak ragu untuk mengaplikasikannya. Meskipun memang pada beberapa bagian yang membutuhkan penyesuian, tetapi itu tidak membutuhkan waktu lama. Dan saya merasa menjadi pribadi yang lebih baik ketika berhasil melakukan apa yang diajarkan para profesional di bidangnya masing-masing. Selama sumber informasinya terpercaya, tidak ada alasan untuk tidak segera mencobanya.

Memprioritaskan Kesehatan

Sangat sulit untuk mengejar kesuksesan jika Anda tidak menjaga kesehatan dengan baik. Tubuh dan pikiran merupakan aset terpenting untuk bertindak, jika ada sesuatu yang salah dengan kesehatan Anda, maka semuanya bisa menjadi berantakan.

Orang-Orang sukses memahami hal ini dan mereka memiliki pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, tidur tepat waktu, hingga rutin berolah raga. Dengan demikian, mereka selalu berada di kondisi tubuh terbaik untuk bekerja lebih keras dan mencapai target-target yang mereka tetapkan.

Bagian ini yang mengecewakan. Sejujurnya saja, saya masih belum memiliki pola hidup sehat. Padahal kesehatan merupakan jaminan bagi saya untuk mengeluarkan semua potensi terbaik saya setiap saat. Tubuh yang bugar dan pikiran jernih akan membuat saya mampu tampil sempurna untuk menyelaikan setiap pekerjaan dalam kesehatian.

Oleh karena itu, saya berjanji akan sering-sering membaca tulisan ini dan akan berusaha untuk memiliki semua kebiasaan-kebiasaan orang sukses. Meskipun jangka waktunya tidak diketahui kapan akan benar-benar terwujud. Entah 12 bulan, 18 bulan, atau 24 bulan. Yang jelas saya ingin mengevaluasi lagi pola hidup saya yang terbilang tidak karuan.

Bangun Lebih Pagi

Beberapa orang penganut bangun pagi antara lain : Sir Richard Branson dari Virgin Group, CEO Disney Robert Iger, dan Marissa Mayer dari Yahoo.

Bangun pagi membuat Anda punya banyak waktu untuk menenangkan diri dengan secangkir kopi, sarapan yang lezat, dan menyiapkan segalanya sebelum benar-benar hanyut dalam kerja keras. Untuk meraih semua kesuksesan, hal-hal kecil semacam ini akan berperan besar. Dan biasanya kebahagiaan yang didapat di pagi hari akan bertahan hingga sepanjang hari yang akan Anda lalui. Jadi, pastikan Anda bangun pagi dan mendapatkan kebahagiaan kecil.

Ini bukan bagian serius yang begitu sulit saya tiru. Saya bangun antara pukul 10-12 siang. Dan langsung berangkat ke pasar karena saya mendapatkan shift siang hingga pukul 6 malam. Tapi bisa juga baru selesai pada pukul 10 malam jika benar-benar sibuk.

Sebenarnya saya sudah lama memikirkan hal ini, dan memilih untuk beraktivitas di malam hari saja. Kegiatan malam saya antara lain : menulis, membaca, memikirkan kehidupan saya, berkhayal, nonton film, dan lain sebagiannya. Semua biasanya selesai pada pukul 3 malam.

Tapi setelah dipikir-pikir, sepertinya saya akan berusaha menjadi manusia normal yang bangun pukul 7 pagi saja dan tidur maksimal pada pukul 12 malam. Ini juga akan diusakan.

Tidak Terusik dengan Apa yang Dilakukan Orang Lain

Perjalanan orang lain mencapai kesuksesan bisa menjadi inspirasi; Anda bisa belajar banyak hal tentang kesalahan, kemenangan, apa yang harus dilakukan dan apa yang jangan dilakukan. Tetapi jika Anda mulai membandingkan progress Anda dengan mereka dan tidak menjadikan mereka sebatas inspirasi, Anda akan mulai merasa iri, stres, dan hanya Tuhan yang tahu dampak negatif apa yang akan ditimbulkan.

Semua orang pasti memiliki perjalanan kehidupan yang unik dan tidak bisa dibandingkan. Jadi, tetaplah fokus dan jangan mulai berandai-andai atau membandingkan pencapaian yang diraih oleh orang lain agar Anda tetap pada jalur kemenangan Anda sendiri.

Di bagian ini saya sudah menguasainya. Sebenarnya ada baiknya juga memiliki sikap tidak terlalu peduli dan kepo terhadap urusan orang lain. Karena saya memang tidak ingin mengetahui hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan diri saya.

Apalagi soal pencapaian, saya merasa sudah cukup bersyukur dengan kehidupan saya saat ini dan menikmatinya. Tapi akan lebih menyenangkan jika lebih sukses lagi. Itulah mengapa saya menulis konten tentang kebiasaan-kebiasaan orang sukses dan menganggapnya sebagai target untuk ditiru dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Donasi
Beberapa orang sukses terbiasa untuk memberikan sumbangan (berdonasi) atau menjadi pekerja Volunteer. Tom Corley, penulis Wealthy Habits : The Daily Success Habits of Wealthy Individual menyatakan 73% dari 233 orang kaya yang ia pelajari selama 5 tahun menjadi relawan lebih dari 5 jam dalam sebulan. Bill Gates, Oprah Winfrey, dan Mark Zuckerberg, semua menyumbang dengan alasan berbeda.

Mungkin benar apa yang dikatakan Rhonda Byrne dalam buku The Secret bahwa ketika memberi uang, sesuai hukum tarik-menarik, semesta akan membuka dan mengalirkan sejumlah uang kepada mereka dalam jumlah berlipat-lipat ganda.

Di bagian ini saya juga sudah cukup berperan dengan baik. Lihat bagaimana pengalaman-pengalaman saya dengan orang-orang bernasib malang, saya menolong mereka.

Meskipun alasan sebenarnya saya hanya ingin agar tidak terlalu mencintai harta.

Kemudian saya juga menulis konten-konten bermanfaat dan ebook yang dibagikan gratis. Karena kekayaan saya masih sangat terbatas, maka saya bisa menyumbangkan semua pemikiran dan ilmu pengetahuan untuk pengguna internet lainnya.

Jadi, silakan saja jika ingin menerbitkan tulisan-tulisan Shiq4 di blog Anda agar semakin banyak yang mengambil manfaatnya. Dan saya merasa tidak keberatan selama tidak dilakukan guna tujuan komersial.

Orang Sukses Hidup Seolah Ini Hari Terakhir di Dunia

Hidup ini sangat sibuk dan penuh kekacauan. Semua orang terlalu sibuk khawatir tentang apa yang terjadi selanjutnya dan tidak mampu menikmati semua momen yang terjadi di hidupnya. Akibatnya, mereka tidak bahagia. Dan ketidakbahagiaan menyebabkan mereka tidak mampu mengeluarkan semua potensi yang ada di dalam diri mereka.

Orang sukses tidak demikian. Kebiasaan orang-orang sukses adalah mereka hidup seolah hari ini merupakan hari terakhir mereka sehingga mereka mampu memanfaatkan setiap momen dan mendapatkan keuntungan dari setiap situasi. Dan seharusnya Anda juga begitu.

Sukses adalah apa yang diharapkan dapat diraihnya, sehingga kesuksesan perlu dicapai dengan melakukan sesuatu termasuk hal yang paling kecil dari kebiasaan sehari-hari. Orang sukses pasti memiliki kebiasaan yang unik dan tidak dilakukan oleh kebanyakan orang.

Banyak orang melihat kesuksesan seseorang atas apa yang telah dicapainya, bukan melihat bagaimana perjuangan yang dilakukan untuk menggapai kesuksesan tersebut. Biasanya kesuksesan diukur dalam segi finansial secara lahirian mungkin melihat seseorang sudak memiliki rumah mewah, perusahaan besar, mobil mewah atau lainnya.

Kebiasaan orang sukses hampir semuanya sama, jika anda ingin menjadi orang yang sukses maka anda perlu mengikuti kebiasaan yang dilakukan mereka. Walaupun memang hasil yang dicapai tidak sama tapi paling tidak apa yang anda harapkan dapat terwujud.

Baiklah, Orang-orang sukses memiliki kebiasaan baik yang membuat mereka menjadi seperti sekarang yang telah anda lihat orang sukses disekeliling anda. Berikut adalah 7 kebiasaan orang sukses setiap hari yang perlu Anda tiru mulai sekarang.

Selalu Ibadah dan Mendekatkan Diri kepada Tuhan.

Orang sukses tidak terlepas dari kedekatannya dengan Tuhan

Merencanakan Sesuatu untuk Dikerjakan

Orang sukses selalu membuat rencana untuk melakukan suatu pekerjaan diesok harinya, biasanya ini dilakukan pada malam hari. Kenapa ini perlu dilakukan? Agar saat bangun tidur dikeesokan darinya telah memiliki rencana yang jelas yang harus dikerjakan.

Bahkan mereka tak segan untuk menuliskan rencana kegiatan sehari-hari mereka dalam sebuah jadwal, dengan begitu waktu yang dimiliki tidak terbuang dengan percuma. Terkadang hidup memang tidak sesuai dengan rencana, tapi paling tidak dengan sebuah rencana hidup kita menjadi lebih baik.

Memiliki Kebiasaan Banyak Membaca

Membaca merupakan investasi leher keatas sehingga akan memiliki banyak pengetahuan, itupun tergantung apa yang dibaca tentunya yang dibaca adalah buku atau artikel dalam sebuah website yang berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapainya.

Tidak ada batasan waktu mengenai berapa lama anda harus membaca, akan tetapi dengan membaca pengetahuan anda akan semakin luas dan terbukti hal ini menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang sukses.

Kesehatan Menjadi Prioritas Utama

Kesehatan menjadi hal yang harus diprioritaskan karena memang tanpa memiliki raga dan jiwa yang sehat seseorang tidak akan bisa melakukan sesuatu dengan baik, apalagi mencapai sebuah kesuksesan. Maka dari itu, orang sukses memiliki kebiasaan memprioritaskan kesehatannya mulai dari memperhatikan makanan dan minuman yang masuk kedalam perut hingga rutin berolahraga.

Olahraga dapat membuat dirinya lebih sehat dan segar sehingga mampu berpikir dan bekerja dengan baik, tak terlepas juga dari makanan dan minuman. Mereka selalu makan makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang seimbang untuk mendukung kinerja mereka setiap hari.

Bergaul dengan Orang-Orang yang Sukses dan Cerdas

Bergaul memang harus dengan siapa saja, tapi bergaul juga perlu memperhatikan siapa teman bergaulnya. Disini kami tidak menyebutkan tidak boleh bergaul dengan orang menengah kebawah ataupun harus bergaul dengan orang kaya saja tapi kami yang kami sebutkan adalah bergaul dengan orang yang sukses dan cerdas.

Karena memang faktor lingkungan dan faktor teman sangat mempengaruhi kesuksesan seseorang, coba saja anda bergaul dengan orang-orang malas tentu anda akan ketularan malasnya. Dengan bergaul dengan orang sukses dan cerdas maka anda akan ketularan apa yang telah berhasil mereka lakukan.

Tidak Suka Tidur Pagi, Apalagi Bangun Kesiangan.

Kebiasaan orang sukses adalah mereka selalu bangun di pagi hari karena ini juga termasuk salah satu bentuk memprioritaskan kesehatan. Orang yang banyak tidur pagi atau bangun kesiangan kesehatannya akan terganggu.

Agar bisa bangun pagi, maka anda perlu mengatur jadwal tidur. Anda harus tidur lebih awal, dan pastikan tidur anda berkualitas yaitu menjauhkan mata dari cahaya buat suasana tidur anda menjadi nyaman dengan lampu khusus untuk tidur kemudian set alarm untuk bangun pagi, yaitu waktu Subuh.

Selalu Berpikir Terbuka (Open Mind).

Orang sukses tidak merasa lebih hebat dengan ilmu dan pengetahuan yang mereka miliki, justru mereka membuka pikiran untuk menerima ilmu-ilmu dan opini baru dari seseorang, mereka lebih bijaksana karena ini menjadi pengaruh dalam mencapai kesuksesan.

Latihan dan Selalu Bekerjakeras.

Kesuksesan tidak datang begitu saja, perlu perjuangan yang super ekstra. Maka dari itu jika anda memiliki target dalam meraih kesuksesan, anda perlu terus melakukan latihan dan terus bekerja keras sesuai rencana yang telah dibuat.

Komitmen dengan keputusan dan rencana yang telah anda buat, jika anda harus melakukan A maka lakukanlah jangan ditunda-tunda. Orang sukses tidak suka menunda-nunda suatu pekerjaan yang seharusnya mereka kerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar