Selasa, 05 September 2017

kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari

kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari - Kesehatan adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia. Tapi banyak diantara manusia yang kurang menyadari betapa pentingnya hal itu bagi hidup kita. Sehingga kebanyakan dari mereka menyepelekan hal itu dengan melakukan banyak kebiasaan yang berdampak negatif untuk kesehatannya.
kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari
kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari
Kebanyakan dari mereka melakukan suatu kebiasaan yang tanpa mereka sadari bisa merusak dan mengganggu kesehatan tubuhnya. Ya mungkin untuk saat ini masih belum nampak dampak dari kebiasaan tersebut karena biasanya kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut baru terasa ketika kita sudah sakit dan tergeletak di rumah sakit.

Di zaman kita ini telah banyak beredar di sekitar kita makanan-makanan yang cepat saji. Meskipun makanan tersebut tidak memberikan efek secara langsung, tapi untuk jangka panjang makanan-makanan tersebut akan memberikan dampak yang sangat berbahaya bagi kita.

Sebut saja contoh yang paling banyak dikonsumsi yaitu mi instan. Setelah diteliti, jika kita merutinkan diri untuk memakannya, kemungkinan besar suatu saat nanti kita akan terserang penyakit-penyakit kelas atas, salah satunya yaitu kanker.

Begadang seperti menjadi kebiasaan buruk yang cepat menular apalagi di zaman sekarang. Dengan begadang berarti kita telah mengurangi hak tubuh kita yang biasanya waktu malam dipakai untuk istirahat selama minimal 8 jam.

Mayoritas anak muda di Indonesia sangat suka melakukan hal yang satu ini. Apalagi dengan minimnya pengawasan dari orang tua, sehingga membuat mereka sering melakukan kebiasaan begadang ini bersama dengan teman sepergaulannya. Bila hal ini menjadi rutinitas, maka kemungkinan besar akan merusak dan mengganggu fungsi jantung dan paru-parunya.

Merokok telah menjadi salah satu virus udara terbesar yang tersebar di kalangan masyarakat Indonesia baik di kalangan awam terlebih lagi di kalangan masyarakat menengah keatas. Padahal jika dilihat dari bungkus rokoknya, disana telah tertulis potensi penyakit yang akan diderita oleh para perokok kedepannya. Tapi hal itu seperti tak ada pengaruhnya sama sekali, karena mereka tetap saja membeli dan mengkonsumsinya.

Bahkan hanya dengan merokok 1 batang per hari, dapat menyebabkan pembekuan darah sehingga bisa menyumbat aliran darah dan menimbulkan plak di arteri dan pembuluh darah. Selain itu kita bisa memberikan dampak yang lebih buruk bagi perokok pasif yang berada di sekitar kita pada saat merokok.

Setiap hari, ada-ada saja kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan – malas olahraga, kurang minum air putih, lupa sarapan, atau bahkan sering mengeluh.

Saking seringnya, kita menganggap bahwa hal-hal itu adalah bagian dari rutinitas yang sah-sah saja untuk dilakukan.

Namun, ada saat dimana kita akan menyadari bahwa hidup sebenarnya bisa lebih baik jika kita bisa mengubah kebiasaan-kebiasaan itu. Nah, demi hidup yang lebih baik, mulailah merubah kebiasaan-kebiasaan burukmu hari ini, ya.

Nah, sebaiknya mulailah bersikap bijak dalam menggunakan waktumu. Pilih kegiatan yang memang bermanfaat – istirahat, belajar, meditasi, atau menulis. Istirahat dan meditasi adalah cara ampuh untuk mengembalikan tenaga dan konsentrasimu. Sementara, belajar atau menulis bisa jadi cara efektif untuk mengasah kemampuan otakmu.

Kesibukan dan sifat malas kadang membuat kita lupa betapa pentingnya berolahraga. Merasa masih muda dan punya tubuh yang (kelihatan) sehat, kemudian kita bersikap abai. Padahal, olahraga punya banyak manfaat bagi tubuh. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, olaharaga juga bisa menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran tubuh.

Jadi, apa sih susahnya meluangkan 30 – 60 menit untuk berolahraga setiap harinya? Mulailah dengan olahraga yang paling mudah, murah, dan sederhana – lari. Siapkan sepatu dan outfit lari yang paling nyaman. Biasakan tubuhmu untuk berolahraga dan hidup sehat mulai sekarang.

Apakah kamu sering mengkonsumsi minuman bersoda atau bahkan beralkohol? Jika iya, sudahkah kamu menyadari efek negatif dari minuman-minuman itu? Yup, jenis minuman bersoda dan beralkohol berpotensi mengakibatkan obesitas dan gangguan ginjal. Jadi, kenapa kamu nggak memilih minum air putih saja?

60% tubuh kita adalah air sehingga konsumsi air putih sangat bermanfaat untuk membantu proses pencernaan dan mengontrol metabolisme tubuh. Membiasakan diri untuk mengkonsumsi air putih bisa dimulai dengan membawa botol air minum setiap beraktivitas. Dengan begitu, kamu akan mudah mengingat bahwa tubuh butuh setidaknya 8 gelas air setiap harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar