Minggu, 13 Agustus 2017

9 Cara Menjadi Lebih Produktif Dalam Sehari-hari

9 Cara Menjadi Lebih Produktif Dalam Sehari-hari - Setiap orang punya kesempatan untuk meraih kesuksesan dalam berbagai bidang. Salah satu yang menentukan pencapaian tersebut adalah produktivitas diri. Bisa dipastikan bahwa orang-orang yang selalu energik menjalani hari-harinya dan menjaga produktivitasnya akan lebih mudah meraih sukses.
Menjadi Lebih Produktif Dalam Sehari-hari
Sebelum tidur, buatlah to do list untuk esok hari

Dengan cara ini, kegiatan anda di esok hari menjadi lebih terorganisir, sehingga tak akan ada banyak waktu yang terbuang sia-sia. Buatlah juga daftar hal-hal pertama yang harus anda lakukan ketika sampai di tempat kerja. Memiliki to do list dapat membuat anda bekerja lebih efektif dan efisien.

Melakukan pekerjaan-pekerjaan yang penting

Produktivitas diri adalah hal yang penting. Mereka yang menyadari hal itu akan berusaha untuk mengerjakan atau menyelesaikan tugas-tugas penting setiap harinya. Selain karena keharusan menuntaskan kewajiban, hal ini menjadi cara untuk menjaga kemampuan kerja otak dan ketahanan tubuh.

Tidur yang cukup

Ketika anda kurang tidur, kecerdasan emosional, sikap menghargai diri sendiri, memahami orang lain dan ketegasan akan berkurang. Tidur yang cukup membuat anda lebih segar dan lebih bersemangat.

Mengkonsumsi makanan sehat

Selain waktu istirahat, asupan makanan juga penting diperhatikan. Untuk bisa produktif bekerja, tubuh butuh asupan energi dan nutrisi yang cukup. Itulah alasannya mengapa makan teratur dan konsumsi makanan-makanan sehat harus selalu diterapkan.

Awali hari dengan momen yang damai

Luangkan beberapa menit setiap pagi untuk melakukan refleksi diri dan bersyukur atas apa yang anda dapatkan. Anda akan lebih termotivasi untuk menjalani hari-hari. Sebelum membuka pintu dan keluar, tarik nafas dalam-dalam dan refleksikan pada hal-hal baik dalam hidup. Momen singkat ini akan memberikan perspektif tentang arti waktu bagi anda, dan membuat target dan tujuan anda menjadi tak begitu menakutkan.


Olahraga sebagai penyeimbang

Olahraga adalah cara terbaik untuk menjaga daya tahan dan vitalitas tubuh. Melakukan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda akan memberi pengaruh baik bagi tubuh asalkan dilakukan secara teratur. Tubuh pun tidak akan mudah lemas, lelah, atau terserang penyakit jika olahraga sudah menjadi kegiatan wajib sehari-hari.

Jangan biarkan orang yang tidak produktif mempengaruhi anda

Tak perlu membuang-buang waktu untuk mendengarkan gosip atau turut bergosip. Juga tak perlu iri dan terpengaruh dengan orang yang sedikit usaha dan senang bermalas-malasan. Tempatkan diri anda di sekeliling orang-orang yang produktif dan punya tujuan sama.

Berlatih mengontrol emosi

Selain kondisi fisik yang harus dijaga, kondisi emosional dan mental pun tak boleh diabaikan begitu saja. Pasalnya, kondisi emosional yang seimbang akan membantu menjaga produktivitas sehari-hari. Kita tidak akan mudah terpengaruh lingkungan dan mood yang naik-turun saat menyelesaikan pekerjaan.


Bersenang-senang merilekskan pikiran

Hidup juga harus seimbang, sehingga produktivitas kerja harus diimbangi dengan waktu bersenang-senang. Setelah menjalani tugas dan pekerjaan sehari-hari, diri sendiri layak diberi imbalan berupa waktu untuk merilekskan pikiran. Apapun caranya, sejenak meriekskan pikiran justru akan menambah produktivitas diri semakin meningkat.

Beberapa langkah di atas mungkin tampak sangat sederhana, tapi sebenarnya sangat membantu anda untuk menjadi lebih baik Nah, sekarang saatnya menetapkan beberapa tujuan tahun baru dan membuat hari Anda lebih produktif. Sampai jumpa:)

(Sumber:Randi Maulana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar